Senin, 11 April 2011

Waspada Cacar *si gatel dari gua Varicella

Kenapa saya mengambil tema cacar kali ini? yang biasanya artikel yang saya buat selalu berbau keremajaan, kegalauan, dan bau-bau SMA, eh sekarang malah cacar..cacar..CACAAAAAR! *ehem
Seperti itulah reaksi saya ketika divonis POSITIF terkena penyakit cacar T______T, kalian tau cacar kaaan? ituloh penyakit yang paling dihindari orang-orang, kenapa? ya karena cacar itu penyakit yang ga enak banget, iyuuuuh pisan ceuk sunda na mah..
Awalnya curhat dulu yah, jadi gini nih.. sekitar dua minggu yang lalu kesehatan tubuh gua lagi drop banget, yang namanya capeklah, lemeslah, letihlah, lesulah, dan gejala 'L' lainnya lagi demen-demennya mampir ke badan gua *apaansih! awalnya sih gua terserang flu gitu, sampe-sampe suara gua aja abis. Naaaah, setelah flu gua mereda sekitar tiga hari yang lalu muncullah penyakit demam gua nih! pas besoknya sih gua gak mau masuk sekolah, tapi behubung ada 2 tes di sekolah, mau gak mau gua paksainlah masuk dan baru pulang sekitar jam 4 sore. Pas malem gua udah ambruk total, digiring lah gua ke klinik terdekat berhubung dokter-dokter langganan gak buka soalnya itu hari sabtu ceman-ceman *dokternya lagi satnaight semua -____-
Dari sanalah diketahui bahwa sodari Dinda terkena banyak penyakit dan diharuskan beristirahat selama 3 hari. Keesokan harinya ada semacam bentol-bentol menyerupai jerawat, dan itulah si kupret CACAR! nah sekarang kita liat pembahasan secara ilmiahnya yuaaa..

Varicella simplex adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster. Cacar air adalah akibat serangan virus, tanpa diobatipun sebenarnya penyakit ini akan berhenti dengan sendirinya, usaha mengobati adalah untuk mencegah terjadinya penyebaran yang ekstrim serta kemungkinan timbulnya penyakit ikutan seperti infeksi dll. yang namanya penyakit cacar itu mamang gak enak. Selain membuat kita sulit beraktivitas seperti biasa, cacar membuat kita sulit beraktivitas.
Berapa lama cacar air menyerang kita?
Cacar air memiliki periode maksimal 2-3 pekan

Apa tanda-tanda cacar air?
Badan demam, tubuh lemas, letih, lesu, tenggorokan sakit, agak pusing, sariawan dan terdapat bentol kecil yang berair didaerah dada atau leher.



Hal-hal yang perlu disiapkan mengobati cacar air.
Paracetamol, obat turun panas ini sangat penting kehadirannya, karena saat terkena cacar air tubuh menjadi mudah sekali demam, dan saat demam virus akan lebih cepat menyerang tubuh, dengan Paracetamol akan sangat membantu mencegah demam yang berkepanjangan.



Salep Acyclovir, salep ini biasa dioles pada bentol cacar baru dapat mencegah menyebarnya cacar ke area yang lebih luas lagi, oleskan setiap 3 jam sekali.


Bedak Caladine, bedak yang biasa dipakaikan pada anak kecil atau saat kita gatal-gatal, sangat sederhana memang tetapi sangat efektif dalam mencegah penyebaran cacar baru, serta mampu mencegah cacar yang kecil untuk bertambah besar, bahkan di kondisi tertentu cacar bisa langsung kering apabila terkena bedak jenis ini. Saran taburkan bedak ini keseluruh tubuh secara berkala terutama yang belum ditumbuhi cacar, niscaya cacar tidak akan mudah menyebar.


Alcohol, saat cacar pecah (terkena garuk, gesekan baju dll) kemungkinan besar akan terjadi infeksi dan luka akan bernanah dan tambah parah, pemakaian alkohol untuk membersihkan luka cacar yang pecah akan mampu mencegah infeksi lanjutan, juga sangat efektif dalam membersihkan wajah supaya tidak bengkak akibat cacar.


Kapas, digunakan dengan air atau alcohol untuk membersihkan luka serta cacar yang kotor.


Obat tetes mata, wajah adalah area empuk untuk ditumbuhi cacar, sedang cacar disekitar area mata sangat berbahaya, karena cairannya bisa masuk kedalam mata dan membuat iritasi, gunakan obat tetes mata secara berkala pagi siang sore dan sebelum tidur, supaya mata anda bebas dari infeksi kuman cacar.


Makanan nutrisi tinggi dan Vitamin C, saat tubuh diserang virus cacar air, daya tahan tubuh menjadi sangat lemah, dan untuk mengembalikan vitalitas tubuh kita perlu mengkonsumsi makanan2 bergizi tinggi, buah buahan seperti pear, jeruk, jambu biji, apel dan tak lupa tablet vit C seperti Xon-C atau C-1000.


Hal-hal yang perlu dilakukan pasca penyembuhan cacar air.
Pasca sembuh dari kutukan cacar air, masalah kita belum selesai, justru terkadang masalah sebenarnya baru saja akan dimulai, masalah itu antara lain :
Luka cacar, setelah cacar sembuh maka luka bekas cacar persis seperti luka terkena gores berbentuk bulat bulat, luka ini ada yang berpotensi menimbulkan bekas dan tidak, untuk menghindari timbulnya bekas luka maka biarkan darah kering tersebut mengelupas secara alami dan hindari untuk digaruk. Bagi luka yang infeksi dan bernanah segera lakukan perawatan seperti merawat luka sayat, gunakan betadine atau obat merah, kalau perlu gunakan perban supaya tidak terjadi infeksi lebih parah.





dan satu lagi nih yang terpenting CACAR itu BOLEH MANDI, sekali lagi BOLEH MANDI, kalo kata you punya mama gak boeh mandi itu cuma pepatah usang turun-temurun dari daftar riwayat orang-orang purbakala, malahan kalo gak mandi you punya badan bisa infeksi gara-gara virus cacarnya, jadi mandi yang bersih pake DETOL kalo mau lebih steril lagi oke oke!! selamat mencoba *ngedoain biar pada kena cacar -,-v , tadinya mau dipakein gambar cuma takut pada jijik yowes polos aja ya biar sama kaya penulisnya yang polos hahaha *kaboooor

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar