Rabu, 13 April 2011

10 Kecelakaan Termahal di Dunia

10. Titanic ($150 Juta)
10 Kecelakaan Termahal Di Dunia | LUMiNOUS Blog
Tenggelamnya kapal Titanic mungkin merupakan kecelakaan paling terkenal di dunia. Tapi menempati urutan 10 di daftar ini.
Pada 15 April 1912, kapal Titanic tenggelam pada pelayaran perdananya dan dianggap sebagai kapal laut paling mewah yang pernah dibangun.
Lebih dari 1.500 orang kehilangan nyawa mereka ketika kapal menabrak sebuah gunung es dan tenggelam di perairan dingin. Biaya untuk membangun kapal 7 juta dolar ($ 150 juta dolar sekarang).
.
.
.
.
.
9. Truk Tanki  vs Jembatan ($358 Juta)
10 Kecelakaan Termahal Di Dunia | LUMiNOUS BlogPada 26 Agustus 2004, sebuah mobil bertabrakan dengan sebuah truk tangki berisi 32.000 liter bahan bakar di Jembatan Wiehltal di Jerman.
Tangki menerobos pagar pembatas dan jatuh 90 kaki dari Autobahn A4 mengakibatkan ledakan dan kebakaran besar yang menghancurkan kemampuan beban jembatan.
Perbaikan sementara biaya $ 40 juta dan biaya untuk mengganti jembatan diperkirakan $ 318 Juta.
.
.
.
.
.
.
8. MetroLink ($500 Juta)
10 Kecelakaan Termahal Di Dunia | LUMiNOUS BlogPada 12 September 2008, merupakan salah satu kecelakaan kereta api terburuk dalam sejarah California.
25 orang tewas ketika sebuah kereta api komuter Metrolink menabrak sebuah kereta barang Union Pacific di Los Angeles.
Diperkirakan bahwa kereta Metrolink mungkin telah dijalankan melalui sinyal merah sementara kondektur sibuk dengan SMS.
Akibatnya Metrolink dituntut ganti rugi semua biaya kecelakaan beserta korban sebesar $ 500 juta.
.
.
.
.
.
7. B-2 Bomber ($1.4 Milyar)
10 Kecelakaan Termahal Di Dunia | LUMiNOUS BlogMasuk dalam hitungan milyar dolar dan masih di peringkat 7. B-2 stealth bomber jatuh setelah lepas landas dari sebuah pangkalan udara di Guam pada 23 Februari 2008.
Penyidik menyalahkan data yang terdistorsi dalam komputer kontrol penerbangan yang disebabkan oleh kelembaban dalam sistem.
Hal ini mengakibatkan pesawat tiba-tiba membuat hidung pesawat menanjak yang membuat B-2 stall dan jatuh.
Ini adalah 1 pesawat dari 21 yang pernah dibuat dan merupakan kecelakaan penerbangan paling mahal dalam sejarah. Kedua pilot selamat.
.
.
.
.

6. Exxon Valdez ($2.5 Milyar)
10 Kecelakaan Termahal Di Dunia | LUMiNOUS BlogTumpahan minyak Exxon Valdez bukanlah yang terbesar, melainkan yang paling mahal karena lokasinya yang terpencil yaitu Prince William Sound (hanya dapat diakses dengan helikopter dan perahu).
Pada 24 Maret 1989, 10,8 juta galon minyak tumpah ketika Joseph Hazelwood, meninggalkan kontrol kapal dan menabrak Reef. Biaya pembersihan Exxon $ 2,5 milyar.
.
.
.
.
.
.
.

5. Piper Alpha Oil Rig ($3.4 Milyar)
10 Kecelakaan Termahal Di Dunia | LUMiNOUS BlogTerburuk di dunia minyak lepas pantai bencana. Pada suatu waktu, itu adalah satu-satunya di dunia produsen minyak terbesar, memuntahkan minyak 317.000 barel per hari. Pada 6 Juli 1988, sebagai bagian dari perawatan rutin, teknisi dihilangkan dan memeriksa katup pengaman yang penting dalam mencegah berbahaya membangun-up gas cair.
Ada 100 identik katup pengaman yang diperiksa. Sayangnya, para teknisi melakukan kesalahan dan lupa untuk mengganti salah satu dari mereka. Pukul 10 malam pada malam yang sama, seorang teknisi menekan sebuah tombol start untuk pompa gas cair dan dunia yang paling mahal rig minyak kecelakaan itu digerakkan.
Dalam waktu 2 jam, sekitar 300 kaki platform ditelan api. Akhirnya runtuh, membunuh 167 pekerja dan menghasilkan $ 3,4 Milyar dalam kerusakan.
.
.
.
.
4. Challenger Explosion ($5.5 Milyar)
10 Kecelakaan Termahal Di Dunia | LUMiNOUS BlogPara Challenger ini hancur hanya dalam 73 detik setelah lepas landas pada 28 Januari 1986 karena rusak O-cincin.
Gagal untuk menyegel salah satu sendi, sehingga gas bertekanan tinggi terjadi kebocoran.
Hal ini pada gilirannya menyebabkan tangki eksternal untuk membuang hidrogen cair meledak.
Biaya penggantian pesawat ulang-alik adalah $ 2 milyar pada tahun 1986 (US $ 4,5 miliar dolar di hari ini).
Biaya penyelidikan, masalah koreksi, dan penggantian peralatan yang hilang biaya $ 450 juta 1986-1987 ($ 1 Milyar di hari ini dolar).
.
.
.
.
.
.

3. Prestige Oil Spill ($12 Milyar)
10 Kecelakaan Termahal Di Dunia | LUMiNOUS BlogPada 13 November 2002, kapal tanker minyak Prestige membawa 77.000 ton minyak bahan bakar berat ketika salah satu dari dua belas tangki meledak saat badai off Galicia, Spanyol. Khawatir bahwa kapal akan tenggelam, kapten meminta bantuan dari pekerja penyelamatan Spanyol, mengharapkan mereka untuk membawa kapal ke pelabuhan.
Namun, tekanan dari pemerintah setempat memaksa kapten untuk mengarahkan kapal menjauh dari pantai. Kapten mencoba untuk mendapatkan bantuan dari pihak berwenang Prancis dan Portugis, tetapi mereka juga memesan kapal jauh dari pantai. Badai akhirnya mengambil korban di kapal tanker yang mengakibatkan membelah menjadi dua dan melepaskan 20 juta galon minyak ke laut.
Menurut sebuah laporan oleh Dewan Economist Pontevedra, pembersihan total biaya $ 12 miliar.
.
.
.
.
.
2. Space Shuttle Columbia ($13 Milyar)
10 Kecelakaan Termahal Di Dunia | LUMiNOUS BlogSpace Shuttle Columbia hancur selama perjalanan masuk kembali ke bumi tepatnya di atas Texas pada 1 Februari 2003 karena salah satu sayap ada yang bocor. Kebocoran terjadi waktu peluncuran, namun bencana datang waktu kembali pulang jarak sekitar 16 hari.
Biaya asli pesawat adalah $ 2 Miliar pada tahun 1978. sekitar $ 6,3 Miliar dolar pada masa ini. $ 500 juta dihabiskan pada penyelidikan, menjadikannya penyelidikan kecelakaan pesawat paling mahal dalam sejarah. Pencarian dan pemulihan dari puing biaya $ 300 juta.
Pada akhirnya, biaya total kecelakaan (tidak termasuk penggantian pesawat ulang-alik) sebesar $ 13 Milyar menurut American Institute of Aeronautics and Astronautics.
.
.
.
.
1. Chernobyl ($200 Milyar)
10 Kecelakaan Termahal Di Dunia | LUMiNUOS BlogPada 26 April 1986, dunia menyaksikan kecelakaan yang termahal dalam sejarah. Bencana di Chernobyl telah disebut malapetaka sosio-ekonomi terbesar di masa damai. Mengakibatkan 50% dari luas wilayah Ukraina terkontaminasi.
Lebih dari 200.000 orang harus diungsikan dan pindah tempat tinggal sementara 1,7 juta orang yang secara langsung terkena dampak bencana. Korban tewas disebabkan Chernobyl, termasuk orang-orang yang meninggal karena kanker tahun kemudian, diperkirakan 125.000.
Biaya total termasuk pembersihan, pemukiman kembali, dan kompensasi untuk korban telah diperkirakan sekitar $ 200 Milyar. Biaya penampungan baja baru untuk pabrik nuklir Chernobyl sebesar $ 2 miliar sendirian.
Kecelakaan ini secara resmi dikaitkan dengan operator listrik pabrik yang melanggar prosedur dan mengabaikan persyaratan keselamatan yang diperlukan.

.
.
.
.
.
wah… benar-benar mahal… mudah-mudahan kita belajar banyak dari semua tragedi besar yang pernah terjadi. Sehingga bisa meminimalisasikan jumlah korban jiwa, itu mungkin yang paling utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar