Rabu, 13 April 2011

Beginilah ‘Polisi Tidur’ Masa Depan Yang Ramah

Istilah Polisi Tidur sepertinya sudah tidak asing lagi bagi rakyat Indonesia. Setiap kali memasuki kompleks perumahan yang padat pasti kita menemukan satu atau dua polisi tidur. Namun ada juga dalam satu gang atau lorong memiliki 4 sampai lima polisi tidur tergantung dari jumlah anak-anak di setiap gang tersebut.
Polisi tidur ini sendiri berfungsi sebagai pengatur kecepatan mobil atau kendaran bermotor yang masuk di setiap gang agar supaya tidak ngebut dan lebih berhati-hati. Sekarang telah hadir Polisi Tidur Masa Depan atau Smart Speed Bumps adalah sebuah polisi tidur yang pintar karena polisi tidur ini cukup ‘ramah’.
polisi_tidur_ramah
Smart Speed Bumps terbuat dari lembaran baja yang dilengkapi dengan sensor yang bisa mendeteksi besarnya tekanan dan sentuhan (impact) dari mobil yang lewat. Kecanggihannya adalah pada saat mobil berjalan pelan diatas Smart Speed Bumps, maka polisi tidur ini akan menjadi rata dengan jalan sehingga si pengendara tidak akan merasakan polisi tidur ini. Akan tetapi jika bila anda ngebut, otomatis polisi tidur ini akan tetap berada di posisi semula sehingga membuat pengendara akan sadar untuk memperlambat laju kendaraan.
Seperti yang ditulis Inilah.com pada Kamis (22/10), bahwa kelebihan lain dari Smart Speed Bumps ini adalah tidak membutuhkan sumber tenaga dari listrik jadi boleh dibilang pemasangan polisi tidur ini sangat mudah.
Sayangnya tidak dijelaskan energi alternatif apa yang digunakan untuk menjalankan sensor dan motor yang ada.
Bicara mengenai harga, satu unit Smart Speed Bumps ini dibandrol US$ 1.500 atau sekitar Rp 15 jutaan dan bisa digunakan selama 10 tahun.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar