Selasa, 23 Juli 2013

Ceritanya Ingin Jadi Chef...

beda dengan postingan2 yang biasanya (galau), kali ini gue mau cerita dikit masalah cita2 gue.
kebetulan banget gue ini termasuk orang yang punya banyak cita2, sampe2 gue bingung mau jadi apa sebenernya -____-

gue pengen banget jadi arsitek, penyanyi, penulis, dan yang terakhir... chef.

sebenernya gue sejak kecil udah seneng banget masak, masakan pertama yg bisa gue buat sendiri adalah dadar gulung isi kelapa pake gula jawa, makanan itu sering banget nongol di makassar makanya gue suka banget buatnya. mungkin itu saat gue kelas 1 sd, gue udah bisa bikin itu. dan makin nambah umur gue merasa masak itu menyenangkan, karena kebetulan gue suka banget makan -___-
waktu smp gue suka eksperimen bikin masakan2 gitu, ada yang gagal ada juga yang berhasil.

sampai akhirnya muncul lah masterchef indonesia. sebenernya gue gak nonton yang season 1 nya waktu itu, gue baru tau masterchef ketika masuk season 2, daaaaaan gue langsung suka! sukaaaa bgt!!!!

gue ngeliat semua utensil yang mereka pake, itu barang2 yang dari dulu gue pengen punya di rumah, tapi apa daya gue bukan jutawan jadi cuma bisa kebeli panci2 di pasar, pisau aja yang baru sekali dua kali pake udah tumpul -_____-

karena rutin ngikutin acara tersebut gue jadi tau beberapa teknik masak, resep-resep, nama2 bahan, istilah2 masak, nama2 alat masak, dsb, bagi gue acara ini super duper keren!

sejak naksir berat sama masak, gue jadi rajin buka youtube terus cari2 teknik masak atau tutorial masak, sayangnya tutorial masak indonesia ga ada yang bagus bahkan bisa jadi gak ada. akhirnya gue lupa awalnya gimana, gue nemuin akun  yutup punya LAURA VITALE, mungkin dia spanish soalnya logatnya yang gue bilang amerika latin bgt. resep yang dia kasih itu keren-keren, teknik2 nya juga kece2, dan yang bikin gue envy setengah mampus itu adalah dia punya semua (mungkin) peralatan masak yang gue sendiri gak tau itu alat belinya di mana, soalnya gue jarang liat. ya mungkin di negara dia alat2 masak ajaib kayak gitu gampang ditemukan, beda sama indonsia, mungkin...






sebenernya gue udah nyari2 foto dapur nya dia, tapi gak dapet. jadi yaaa segitu aja gambarnya, pokoknya dapurnya lengkap dan luaaassss, kayaknya gak ada barang yang dia gak punya. dari akun dia juga gue tau gimana ngolah bahan tertentu, terutama bahan makanan western ya, walaupun gue gak pernah praktekin, yaa lo taulah bahannya mahal2 dan peralatan dapur gue gak menunjang -___- kalo kalian penasaran dengan masakan dan dapurnya doi, buka yutup terus tulis keyword nya 'laura in the kitchen' kayaknya semua resep yang gue pengen tau ada di situ semua...

oya, dan yang bikin kalian pewe nonton tutorialnya adalah dia punya kameramen dan microphone gitu jadi pasti jelas deh apalagi di edit2 gitu jadi gak bosenin, kecuali bahasa inggrisnya dengan logat2 spanyol nya yang agak konyol hahahaha
yang paling gue suka juga dia punya piring2 dengan namanya dia, keren aja gitu, nih contohnya

one of my favorite recipe
yg gue tau dari doi, dia sukaaa banget dan sering banget pake keju mozarella dan parmesan, mungkin dia keju lover kayak gue hahaha dia juga lebih sering bikin pasta (yang bikin gue tau jenis2 pasta dan cara ngolahnya), dan terakhir dia ngefans banget sama stoberi stoberi-an

naaah selain mbak laura, ada lagi nih namanya dulce delight (keyword nya di yutup)
kalo yang ini orangnya pecicilan abis, awalnya gue ilfeel gitu -___- tapi makin lama makin lucu aja dia, nah kalo yg ini masaknya cuma pastry atau dessert doang, tapi tips and trick nya itu guna banget, editan videonya juga lebih modern dibanding mbak laura dan dia plating nya lebih bagus dibanding mbak laura, mungkin kan mbak laura konsepnya masakan rumahan jadi dia gak kasih garnish macem2, nah kalo si dulce ini juga garnish nya gak spesial2 amat ya tapi masih mendingan gitu hehehehe





di foto atas dia pegang roller gitu ya (kalo gak salah sih roller namanya) itu dia punya alat2 masak tuh walaupun gak lengkap tapi asli lucu2!!! termasuk roller nya itu, yang sayangnya pecah pas dia buat puff pastry :( pokoknya alat2 masaknya dia lucu2 banget dibanding mbak laura, cuma kalau masalah skill gue yakin mbak laura lebih jago kemana2.

oya si dulce ini pernah ikut mastercchef usa season 3, tapi cuma lolos audisi aja :( ya itu dia, dia cuma ahli di bidang pastry dan dessert.

beberapa menu masakan yg terkenal dari dia
yang gue tau dari dia adalah dia agak gila -___- suka joget2, suka coklat, dan menggemari susu kental manis hahahaha dia juga punya anjing (yg sampe sekarang gue gak tau namanya) lucu banget gitu deh.

yang terakhir ada gordon ramsey, itu tuuuuh juri masterchef usa.





gak spesial sih tutorial dia, bukan tutorial juga sebenernya soalnya dia gak nyebutin bahan2 masaknya ples takarannya juga, jadi ya cuma semacam video aja gitu, tapi seenggaknya dia sebutin teknik2 masaknya dan gue dapet beberapa resep keren dari akun yutupnya doi, yang agak malesin adalah logat british nya yg kental banget jadi kadang2 gue gaktau dia ngomong apa, atau gak gue harus ulang beberapa part gitu biar jelas.



foto di atas itu salah satu resep doi yang paling terkenal, namanya beef wellington, dan gue kalo disuruh buat juga pasti bisa kok *benerin kerah* hahahaha gue suka banget resep yang ini, asli bikin ngiler gitu...
jadi ceritanya beef tenderloin dibungkus pake jamur terus di tutup sama puff pastry, itu simpelnya gitu ya, buatnya sih kayaknya susah susah gampang gitu.

gak mereka ber3 doang sih, masih banyak lagi yang lain tapi gue gak begitu perhatiin soalnya video nya amatiran jadi ngebosenin gitu deh.

jadi kalian yang juga kebetulan suka masak sok aja intip tutorial mereka :D

balik ke cita2 lagi nih ya, gue emang sempet mau ambil NHI tuh di bandung yang institut perhotelan gitu yang katanya lulusannya punya chef2 terkenal. tapi yaaa gue takutnya ini kesenangan sesaat apalagi jadi chef itu mentalnya harus kuat bgt makanya banyak chef itu cowok. jadi gue balik lagi ke arsitektur, gue pikir untuk masak gak harus jadi chef kan? kadang gue juga mikir, ikut masterchef seru kali yah, tapi ada rasa takut juga, ada penasaran juga, mungkin nanti gue nemuin jawabannya.. *aseekk*

sekian curcol dan info2 dari gue, dan kalo ada yang mau hadiahin gue ini...




silahkan tinggalkan komen :p kebayang deh pasti gue betah banget di dapur :")

yang jelas kalo gue nanti jadi jutawan dan arsitek yang sukses gue bakal bikin dapur kayak gini beserta alat2 nya yang canggih XD

terimakasih!!!! :*



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar